Rabu, 04 Februari 2015

BAHASA INGGRIS GAUL ABJAD B (2)

BAHASA INGGRIS GAUL ABJAD B (2)



Banget
Dia kaya banget. He’s well-off / rich
Kamu taruh gulanya banyak banget. You’ve put so much sugar.

Bangga
Bokap nyokapku bangga banget dengan prestasiku di sekolah. My parents take pride in my achievement at school.
Kami bangga banget sama tim basket sekolah kami. We take pride in our school basketball team.

Bayar
Kita bayar sendiri-sendiri aja ya. Let’s go Dutch.

Barengan
Kok ngerjainnya barengan sih? Why are you doing it together?


Bebas
Kamu bebas di rumahku. Make yourself at home here/ Make yourself comfortable at my home
Kamu bebas nanya aku kapan aja. Feel free to ask me any question anytime
Aku lebih suka bebas dari orang lain. I prefer to be on my own
Sebagai anak kesayangan papa, dia bisa berbuat apa saja. As my dad’s pet, she get away everything
Nggak ada orang yang bebas dari masalah. Nobody can be free from problems.
Keluarga kami belum juga bebas dari kesulitan. Our family isn’t out of trouble yet / Our family isn’t out of the woods yet.

Begitu
Nah begitu dong! There you go!
Begitu ceritanya. That’s the story
Kayaknya nggak gitu deh. I don’t think it works that way.
Dia nggak bilang gitu. He didn’t say that way.
Kamu gitu deh. Don’t act that way.
Segitunya! That’s too much.
Dia kan nggak suka yang gitu-gituan. He doesn’t like that matter.
Kalo gitu sih dia marah lho. If it’s so, he’ll get mad.
Kok gitu sih? Why is that so?
Begitu saja. Just like that.

Bego/ Bodoh/ Tolol
Aku merasa bego deh. I feel like a fool.
Jangan bodohlah. Don’t be stupid/ Don’t be silly/ Don’t be foolish!
Bodoh amat. Who cares!
Kamu nggak bisa bodohin aku. You can’t fool me.
Jangan taruh situ, bodoh kamu! Don’t put it there, you moron!
Aku tidak sebodoh yang kamu kira! How dumb do you think I am?

Belum
Sori, belum. Sorry, not yet.
Udah nelpon dia belum? Have you called her?
Rasanya belum. I can’t say that I have.
Aku belum nelpon dia. I haven’t called her yet.

Benar
Kamu benar. You’re damn right/ You can say that again.
Benar begitu? Is that so? / Is that right?
Benarkah? Right? / Am I right?

Bentar
Bentar ya. Just a second/ wait a second/ Hold a moment (waktu menelepon)
Mungkin bentar lagi. Perhaps a little later.
Sebel deh! Bentar-bentar nanya ini dan itu! You are always asking this and that.

Berani
Ayo kalo kamu berani! (nantang). You and who else?
Gue beraniin nanya. I make myself brave to ask.
Dia beraniin nongol. He dares to appear.
Beraninya kamu ngomong gitu! How dare you say that!
Aku berani taruhan. I’ll bet.
Mana kamu berani lakukan itu! You wouldn’t dare to do that!
Siapa yang berani ngomong begitu? Says who?

Berapa
Berapa harganya? How much?
Berapa jumlah pesertanya? How many participants are there?
Berapa kali aku mesti beritahu kamu? How many times do I have to tell you?
Berapa jauhnya dari sini? How far is it from here?
Berapa lama kamu udah disini? How long have you been here?
Berapa sering kamu nonton? How often do you see a movie?

Berasa
Kayaknya berasa asin, deh. It tastes salty.
Masakannya gak berasa. The food is tasteless.
Nggak berasa tuh. I don’t feel anything.

Beres
Beresi dulu semuanya semuanya sebelum kamu pergi. Please get all things straightened out before you leave.
Kamu mesti beresi masalahmu segera. You should solve your problem soon.
Aku udah beresi uangku. I have paid all my debts off.

Beri
Mamaku beri aku uang saku. My mom gave me some pocket money.
Berikan ke aku saja. Leave it to me.
Beri aku kesempatan lagi. Give me a break/ Give another chance.

Bete – Bosan
Lagi bete nih. I just get bored/ I’m bored/ I’m fed up.
Pokoknya bete banget deh. It’s just so boring.
Aku nggak mau bikin kamu semua bete. I don’t wanna wear out my welcome.
Aku udah tahu dari dulu kalo kamu akan bosan dengan aku. I knew that you would get tired of me.

Biar
Biarin! Who cares?
Biar aku saja. Allow me/ Permit me
Biarkan dia seperti itu. Let it be.
Biar aku yang lakukan. Let me do it.
Biar dia pergi. Let him go


Biasa
Itu sih biasa! That’s common
Aku udah terbiasa. I get used to it.
Aku dulu terbiasa berkelahi. I used to fight.
Nanti kamu akan terbiasa. You’ll get onto it.

Bicara
Bicara lebih keras, bisa? Speak up, please.
Sebaiknya nggak usah dibicarakan. Better left unsaid.
Bicara dengan aku nanti, ya. Catch me later / Catch me some other time.

Bingung
Aku benar-benar bingung. I’m totally confused.
Jadi orang jangan gampang kebingungan. Don’t get confused easily.
Pas lagi kebingunan, ada aja yang bantu. When I was confused, there was always help.
Nggak perlu kebingunan. It’s not necessary to be confused.
Kamu bikin aku bingung. You’ve got me stumped.

Bohong
Kamu nggak bohong kan? No lie?
Jangan bohongi aku. Don’t lie to me / Don’t give me that shit.
Aku nggak akan pernah membohongi kamu. I would never lie to you.
Dari raut wajahnya, aku tahu kalau dia bohong. I could tell from her face that she was lying.

Kamu nggak bohongi aku, kan? You wouldn’t be trying to kid me, would you?
Kamu udah bohongin aku sejak awal. You’ve lied to me from beginning! You’ve cheated on me from the beginning!
Aku udah nggak bisa terima semua kebohonganmu. I can’t take any more of your lies!

Bokap – Nyokap 
Bokap dan nyokap gue mah nggak kaya. My folks aren’t well off.
Bokap dan nyokap lo ada di rumah nggak? Are your folks at home?
Bokap dan nyokap kasih izin nggak? Do you folks let you go?

Boleh
Boleh aku pergi? May I be excused?
Boleh aku masuk? Can I come in?
Boleh numpang ke belakang? Can I use your powder room?

Bolos
Kenapa sih kemarin kamu bolos sekolah? Why did you play truant yesterday?

Bonceng
Aku bisa bonceng kamu? Could I have a lift?
Aku bisa boncengin kamu pulang. I can give you a ride home.

Biar
Biar aku yang nanganin. Allow me to handle it.
Biar aku yang ngomong ke dia. Permit me to talk to him.
Aklo dia cinta ama cewek itu, biar sajalah. If he loves that girl, so be it.

Bisa
Kok bisa sih? How come?
Kamu bisa apa disini? What can you do right here?
Kamu bisa jaga rahasia? Could you keep a secret?

Bisnis
Ini soal bisnis, bung! Man, this is business.
Bisnis ya bisnis, tahu? Business is business, you know?
Aku mau terjun ke bisnis saja. I wanna go into business/ I wanna run a business.

Bual
Dia suka membual. Nyebelin banget. He likes talking big, I hate it.
Kamu membual nih. You’re just talking through your hat.

Buang
Hanya buang waktu dan tenaga. It isn’t worth it.
Hanya buang waktu. It’s only wasting time.
Dimana aku bisa buang air kecil? Where can I wash up?
Jangan hanya buang pakaianmu di lantai. Don’t throw your clothes on the floor.

Buru
Nggak usah buru-buru. Take your time/ Don’t be in a hurry.
Aku sedang buru-buru nih. I haven’t got all day.
Aku keburu ngomong. I spoke too soon.
Kamu kok buru-buru pergi sih? Are you leaving so soon? You leaving so soon? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar